Prospektus Mahasiswa Program S3 Perencanaan Wilayah

erry nuriadi

Prasyarat umum calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke dalam Program Studi Perencanaan Wilayah Sekolah Pascasarjana USU adalah:

  1. memiliki kualifikasi akademik Strata-2, yang dapat berasal dari berbagai bidang ilmu (progam studi magister yang bersifat multi-entry), dengan persyaratan bahwa calon mahasiswa wajib terlebih dahulu mengikuti Test TPA (Tes Potensi Akademik) bekerjasama dengan BAPPENAS, Test Wawancara dan matrikulasi untuk penyetaraan pengetahuan dasar, apabila telah dinyatakan diterima ke dalam program.
  2. IPK S-2 minimal 3,00 pada skala 4.
  3. Melengkapi berkas-berkas administrasi yang diminta seperti foto kopi ijazah dan transkrip S1 dan S2, surat keterangan sehat, Daftar Riwayat Hidup, Surat rekomendasi kemampuan akademik calon mahasiswa, surat keterangan sumber biaya studi, surat ijin dari instansi (untuk yang sudah bekerja), pas photo, bukti pembayaran biaya pendaftaran dan menyerahkan proposal disertasi tantatif.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan dengan:

  • Tes Potensi Akademik (TPA) yang diselenggarakan oleh Bappenas dengan nilai minimal 400.
  • Tes Bahasa Inggris setara Test of English as Foreign Language (TOEFL) dengan skor minimal 550.
    Skor TOEFL yang diakui di lingkungan Sekolah Pascasarjana adalah: Skor Institutional TOEFL yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa USU atau Institusi penyelenggara Test TOEFL lain yang bereputasi.
  • Mahasiswa hanya dapat diterima jika nilai terbobot dari kedua tes tersebut memenuhi syarat yang cukup tinggi yang telah ditetapkan Program Studi Perencanaan Wilayah.
  • Wawancara, untuk mengetahui minat dan kesungguhan calon peserta Program Studi Perencanaan Wilayah.

Prosedur penerimaan mahasiswa baru secara singkat adalah sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa mengisi formulir yang disediakan dan membayar biaya seleksi. Calon mahasiswa tersebut akan menerima tanda peserta Ujian Masuk.
  • Calon mahasiswa mengikuti Ujian Masuk berupa TPA, TOEFL dan Wawancara.
  • Sekolah Pascasarjana mengadakan rapat penerimaan mahasiswa baru setelah menerima hasil Ujian Masuk. Rapat penerimaan mahasiswa baru dihadiri oleh pihak Direktur Sekolah Pascasarjana, Ketua Program Studi.